Tidar Sakti

Tidar Sakti
Studio Preview

Selasa, 14 Desember 2010

Selasa, 14 desember 2010 bertempat di Rumah Sakit mardie Waloeya Rampal Malang, diadakan Talkshow kesehatan dengan topik pembicaraan yaitu Infeksi saluran kencing yang rentan diderita usia anak-anak. Dengan Narasumber dr. Evie laksana, dan pembawa acara Dimas. Dalam kesempatan tersebut dr. Evie menjelaskan bahwa Infeksi Saluran kencing atau kandung kemih disebabkan infeksi yang bisa berawal dari kuman atau bakteri dari dunia luar yang masuk melalui lubang kemaluan. " kalau anak laki - laki, terlebih bagi yang belum sunat atau khitan, maka ISK ( Infeksi Saluran Kemih ) bisa diakibatkan kuman atau bakteri yang tersimpan dilipatan kulit yang belum dikhitan. 
ISK merupakan kasus yang sering terjadi dalam dunia kedokteran. Walaupun urin ( air kencing )  terdiri dari berbagai cairan, garam, dan produk buangan, biasanya urin tidak mengandung bakteri. Jika bakteri menuju kandung kemih atau ginjal dan berkembang biak dalam urin, terjadilah ISK. Jenis ISK yang paling umum adalah infeksi kandung kemih yang sering juga disebut sebagai sistitis. Gejala yang dapat timbul dari ISK yaitu perasaan tidak enak berkemih (disuria, Jawa: anyang-anyangen). Tidak semua ISK menimbulkan gejala, ISK yang tidak menimbulkan gejala disebut sebagai ISK asimtomatis.

Sementara itu untuk anak perempuan sendiri juga memiliki kerawanan terkena ISK, karena akibat kebiasaan membersihkan organ vital yang kurang benar sehabis buang air, sehingga kuman dan bakteri mudah masuk, karena posisi kandung kemih dengan dunia luar juga dekat.

Infeksi Kandung Kemih ini bisa menjangkit biasanya karena kebiasaan kita menahan buang air kecil. Karena tanggung, tak jarang kita kerap menahan pipis hingga beberapa lama. Ternyata kebiasaan ini berbahaya. Karena air seni yang berkumpul di kandung kemih bisa menjadi media yang baik untuk pertumbuhan kuman dan bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar